Minat Developer Indie Terhadap Game Side Scrolling Meningkat Pesat di Tahun 2024

 

sumber: BP Guide

Depok, 26 April 2024 - Dunia game kembali diramaikan dengan tren baru, yaitu meningkatnya minat developer terhadap genre side-scrolling di tahun 2024. Hal ini dibuktikan dengan munculnya game side-scrolling baru dan mendapatkan sambutan positif dari para gamer.

Tahun 2024 menjadi saksi fenomena menarik dalam industri game dengan lonjakan minat terhadap pengembangan game side scrolling di kalangan para developer. Developer indie dari seluruh dunia semakin tertarik untuk mengeksplor secara kreatif genre ini dikarenakan sudah berkembang pesat. Fenomena ini menggugah rasa ingin tahu tentang apa saja faktor pendorong di balik popularitas pada genre ini dalam industri game.

Tren yang sudah membangkitkan minat game side scrolling yang telah menjadi pusat perhatian dalam industri game, terutama di kalangan developer indie. Game side scrolling sangat mudah dikembangkan, dikarenakan struktur game yang lebih sederhana pada pergerakan horizontal, sehingga membutuhkan waktu dan sumber daya yang lebih sedikit.

Para developer terus memikirkan untuk menghadirkan ide-ide baru dalam game side scrolling, sehingga genre ini tidak terkesan monoton dan akan selalu dimainkan banyak orang. Contohnya, seperti game Ori and the Will of the Wisps dan Celeste, game tersebut menghadirkan visual yang indah dan gameplay yang menantang.

Selain itu, platform Steam dan itch.io yang memudahkan developer indie untuk menyebarluaskan game mereka kepada para gamer di seluruh dunia. Hal ini sangat menguntungkan bagi developer indie untuk mendapatkan penghasilan dari game mereka.

Alasan popularitas game side scrolling di kalangan developer indie, seperti yang disebutkan sebelumnya, game side scrolling lebih mudah dan juga hemat biayaya dalam pengembangan, side scrolling juga menawarkan ruang yang lebih luas bagi developer untuk mengeksplorasi ide-ide kreatif mereka. Developer sangat mudah untuk membuat cerita, karakter, dan dunia yang unik dalam game side scrolling.

Meskipun game side scrolling umumnya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan genre lain, genre ini masih memiliki pengaruh yang besar untuk menghasilkan keuntungan pada developer yang merilisnya.

Kesuksesan genre ini dibuktikan dengan peningkatan kuantitas dan kualitas dalam kemunculan game side scrolling. Beberapa game terbaru yang menuai kesuksesan berhasil membuktikan bahwa genre ini masih relevan dan diminati gamer. Seperti, game Cuphead bergenre side scrolling yang menawarkan gameplay seru dan mempunyai daya tarik tersendiri, Ori and the Will of the Wisps (2020) menampilkan keindahan visual dan cerita mengharukan membuat game ini dicintai para gamer, dan yang terakhir Celeste (2018) mempunyai gameplay yang presisi dan cerita  yang menyentuh membuat game ini tak terlupakan.

Game side scrolling membuktikan bahwa genre ini masih mampu bersaing dengan genre lain. Dengan menciptakan inovasi, kualitas, dan komunitas yang kuat, para developer indie yang terus menciptakan game-game side scrolling yang kreatif, menyenangkan, dan memberi kesan mendalam.

Peran platform digital dalam game side scrolling indie


Sumber : Equal Experts

Kebangkitan game side scrolling indie di platform digital sangat berperan penting di tahun 2024 seperti Steam, itch.io, dan Epic Games. Platform tersebut menawarkan keuntungan bagi developer seperti, aksesibilitas distribusi yang memudahkan developer indie untuk menyebarkan game mereka di seluruh dunia, platform digital juga memotong biaya distribusi dan pemasaran menjadi lebih rendah, dan platform digital menyediakan forum untuk developer berinteraksi dengan komunitas gamer.

Platform digital telah menjadi dampak besar dalam kebangkitan game side scrolling indie. Mereka memberi tempat developer indie untuk berkarya dan memasarkan game mereka secara global, serta memudahkan gamer untuk menemukan dan menikmati pengalaman bermain yang unik dan memuaskan.

Meskipun kebangkitan game side scrolling indie di tahun 2024 menghadirkan banyak peluang yang menarik, ternyata masih ada beberapa tantangan yang harus dihadapi seperti, persaingan ketat, pendanaan, dan piracy. Selain itu, beberapa peluang yang sudah dicapai pada game side scrolling seperti komunitas yang mendukung, perubahan tren industri, dan penerimaan pasar yang semakin luas. Platform digital sangat berpengaruh besar untuk membuka jalan bagi masa depan yang cerah bagi genre ini.

Peningkatan minat developer indie terhadap game side scrolling menciptakan hal yang menarik dalam industri game tahun ini. Dengan beberapa faktor pendorong, kesuksesan game terkait, peran platform digital, serta tantangan dan peluang yang ada, masa depan genre ini tampak cerah dan menjanjikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Subway Surfers Gameplay Teralis Berkolaborasi Dengan Serial Stranger Things

Joseph Sebastian Bos Parfum Careso: Membangun Pasar Parfum Lokal Meningkatkan Visi ke Tingkat Internasional

Terbaru SEGA Menghadirkan Sonic Superstars